Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Desa Wisata Provinsi Lampung Yang Masuk Daftar 300 Anugrah Desa Wisata Indonesia 2022

 Sumber Gambar: instagram.com/pariwisata_lampung

 

Tak heran jika Lampung yang kaya memiliki beragam pesona yang sayang bila dilewatkan. Jika berbicara mengenai pariwisata tak ada salahnya untuk mengunjungi Desa sebagai lahirnya peradapan dan cakupan kemasyarakatan yang dominan di suatu daerah. Karena potensi dari desa yang besar dan bermanfaat sekarang hadir desa wisata yang unik sekaligus menginspirasi untuk dikunjungi bersama.

Dengan pertumbuhan Desa yang pesat dari luasnya keseluruhan Indonesia, pertumbuhan dan cakupan ekonomi akan desa terus berkembang. Salah satunya 10 desa wisata provinsi Lampung yang masuk 300 Anugrah Desa wisata Indonesia 2022 yang diadakan oleh Kemenparekraf.

Melihat lebih dekat, berikut 10 Desa Wisata Provinsi Lampung yang masuk 300 anugrah desa wisata Indonesia 2022. Yuk, simak bersama dibawah!

1       Desa Wisata Bahway

Sebagai daerah pemukiman, desa menjadi bagian aspek berkualitas yang perekonomian tertata dan bertumbuh. Desa menginspirasi itu hadir juga di Lampung Barat yang masuk daftar 10 Desa Wisata Provinsi Lampung dalam 300 anugrah Desa Wisata Indonesia 2022 yaitu desa wisata Bahway.
 
Desa wisata Bahway sendiri memiliki beragam tempat perekonomian aktif terkenal yang dikenal dengan daerah olahan kuliner dengan banyaknya makanan disini yang paling sering direkomendasikan banyak orang mulai dari, Gulai Kuol atau keongnya, Keripik Bahway serta Selimpok Luniknya yang menjadikan Desa ini menarik untuk semua kalangan mengunjunginya sebagai tempat wisata

2.      Desa Wisata Datar Petay Land

Satu lagi kawasan wisata Desa Kabupaten Lampung Barat yang masuk daftar 300 anugrah desa wisata Indonesia 2022 yaitu Desa Wisata Datar Petay Land. Desa ini terkenal di lampung Barat sebagai desa wisata alam, karena menjanjikan banyak panorama alam cantik yang bisa kamu kunjungi disini. Desa ini memiliki potensi alam beragam macam mulai dari sungai yang banyak dimanfaatkan sebagai wisata Wahana River Tubbing.
 
Tempat ini juga memiliki beragam perkebunan kopi, pisang serta tak lupa dengan kerajinaan khasnya  yang menjadi akses pundi-pundi perekonomian warga setempat. Desa ini juga menyimpan banyak peninggalan Megalitikum masa Hindu-Buddha hingga Islam yang masih tersimpan sebagai kekayaan yang harus dilindungi.

3.      Desa Wisata Way Kalam

Berpindah sedikit ke Lampung Selatan tepatnya di Way Kalam, Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung. Desa ini menjadi daerah dilindungi yang memiliki sejuta potensi wisata yang wajib dikunjungi para wisatawan. Di desa ini kamu dapat menemui air terjun Way Kalam yang terkenal dengan keasrian, kesejukan serta keindahan air terjun yang terbentang. Di desa ini juga memiliki beragam pemukiman tetap yang memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri untuk dikunjungi.

4.      Desa Wisata Dan Konservasi Pantai Minang Rua

Ada yang familiar dengan Pantai Minang Rua? Yap, pantai ini menjadi salah satu pantai legendaris yang ada di Lampung. Tepatnya di Lampung Selatan di Jalan Pariwisata Batu Alif, Dusun Minang Rua, Desa Kelawi, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan yang tersebar beragam pariwisata menarik yang ada ditempat ini. 
 
Disini kamu bisa menikmati beragam wisata seperti, air terjun, taman bawah laut atau green crayon dan Goa Lalay yang terkenal dengan spot jumpingnya. Desa ini adalah desa wisata yang dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) yang terkenal sebagai pantai penangkaran penyu yang dibuat dan dirawat sendiri.

5.      Desa Wisata Cempaka Raja Village (CRV)

Bergeser sedikit ke Kabupaten Lampung Utara terdapat Desa Wisata Cempaka Raja Village yang terkenal sebagai Desa Wisata Bumi Perkemahan yang ada di Lampung. Desa ini terletak di Cempaka Raja, Sungkai Jaya, Kabupaten Lampung Utara, Lampung yang memiliki beragam pariwisata menarik untuk dikunjungi. 
 
Kamu bisa menikmati wisata asri dan sejuk dari Embung Catur Swaka atau Sungai Kaliabung, serta yang tak boleh ketinggalan variasi perkebunan dengan panorama pedesaan yang khas disini. Di tempat ini juga jika beruntung kamu dapat melihat lebih dekat prosesi adat atau prosesi pernikahan yang bisa kamu lihat secara langsung didesa ini.

6.      Desa Wisata Pulau Pahawang

Siapa yang belum mengenal Pulau Pahawang? Pastinya warga Lampung khususnya mengenal tempat ini sebagai wisata laut terbaik yang wajib dikunjungi berada di Kabupaten Pesawaran. Di Pahawang sendiri kamu bisa menikmati keindahan laut lebih dekat dan bertemu satwa-satwa laut yang cantik dengan panorama laut yang luas nan indah. 
 
Di Pahawang sendiri tersedia beragam resort sebagai pilihan untuk menikmati liburan di suasana pantai yang cantik. Desa wisata pulau pahawang sangat ramah wisata yang wajib dikunjungi untuk kamu pencinta dan tertarik dengan pantai dan satwa unik didalamnya.

7.      Desa Wisata Purworejo

Satu lagi desa wisata di Pesawaran yang masuk daftar 300 anugrah Desa Terbaik di Indonesia 2022 yaitu Desa Wisata Purworejo yang berada di Purworejo, Negeri Katon, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Desa ini merupakan desa yang ada sejak zaman Belanda sebagai tempat transmigrasi terbuka paa tahun 1909.
 
Desa ini juga memiliki beberapa panorama wisata yang unik mulai dari wisata alam dan beberapa wisata edukasi yang terkenal, salah satunya peternakan puyuh. Desa Purworejo tidak hanya hadir dalam pariwisatanya, terdapat juga fokus sektor Pendidikan dengan hadirnya beragam Pondok Pesantren putra dan putri sebagai bentuk wisata edukasi dan wisata religi seputar keagaamaan ditempat ini.

8.      Desa Wisata Baturaja Kecamatan Puduh Pidada

Masih berada di Pesawaran tepatnya di Batu Raja, Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Lampung yang terkenal dengan filosofi dan keunikan nama desanya yang diambil dari nama Raja Besar yang kuat berkuasa zaman dahulu. Desa ini memiliki keindahan alam di bawah Gunung Tanggang yang menyajikan beragam keindahan alam luas terpancar ditempat ini, menjadikan Desa wisata ini selalu dikunjungi sebagai desa wisata alam yang wajib dikunjungi di Pesawaran, Lampung.

9.      Desa Wisata Kampung Baru Way Lalaan

Di Tanggamus tepatnya di Kampong Baru, Kota Agung Timur, Kabupaten Tanggamus, Lampung hadir desa unik yang banyak menyimpan atau mengemas hal produktif menjadi nilai edukasi dan pembelajaran baru. Seperti di desa ini yang banyak wisata edukasi dengan kegiatan atau akses pengemasan ekonomi kreatif dalam UMKM bahan baku menjadi lahan produktif aktif. Untuk kamu yang tertarik untuk belajar sambil berwisata, mungkin desa ini bisa menjadi list kamu untuk berlibur di akhir pekan ini.

10.  Desa Teluk Kiluan

Siapa yang tidak mengenal Pantai Teluk Kiluan yang terkenal dengan pantai cantik dan banyak direkomendasikan saat berada ke Lampung. Tepatnya di Kiluan Negeri, Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Desa ini terkenal sebagai desa Pesisir di tepi Pantai Teluk Kiluan.
 
Desa ini memiliki beragam tempat wisata yang unik, tapi yang tidak boleh terlupakan yaitu wisata perairannya yang menjadi tonggak wisata terkenal di Tanggamus. Banyak sekali kawasan konservasi perairan yang memukau disini, dan di Teluk Kiluan sendiri terdapat beragam spesies Lumba-Lumba, kamu juga bisa snorkelling sekaligus diving dan menikmati keanekaragaman budaya penduduk yang unik dan beragam yang hadir disini.

Itulah tadi 10 desa wisata Provinsi Lampung yang masuk daftar 300 Anugrah Desa Wisata Indonesia 2022. Bagaimanapun kekayaan alam dalam pariwisatanya membawakan keunikan tersediri untuk dikunjungi dan dieksplor bersama.

Yuk, mulai cintai kekayaan alam dan jelajahi alam Indonesia dimulai dari pariwisata diberbagai kesempatan tempat yang ada di Lampung. Ada tempat yang menjadi list kamu?

 

 Sumber: 

instagram.com/pariwisata_lampung

jadesta.kemenparekraf.go.id


 

Post a Comment for "10 Desa Wisata Provinsi Lampung Yang Masuk Daftar 300 Anugrah Desa Wisata Indonesia 2022"