Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Intip Potret Bangunan Lampung Tempo Dulu Dan Sekarang Disini!

                                             

                                            Sumber Gambar: instagram.com/pariwisata_lampung
 


Sebagai salah satu kota yang telah berkembang pesat, Lampung memiliki sejarah panjang dalam perkembangan dan juga lahirnya didalam daerah di Indonesia khususnya di daerah Sumatera. Lampung yang secara teritorial merupakan perbatasan antara Pulau Sumatera dan Jawa ini memiliki sejarah tersendiri dalam perkembangan kota dan daerahnya.

Terlepas dari daerah yang kaya dan masih terjaga baik alam sekaligus menjadi daerah urbanisasi berbagai kota terkenal di Indonesia. Lampung juga menyimpan bentuk sejarah yang wajib kita kenang sebagai bagian yang tak terpisahkan dalam perkemabangan Lampung tercinta. Misalnya dalam potret bangunan Lampung tempo dulu yang memiliki banyak memories hingga sekarang walaupun banyak perubahan, tetapi tidak mengubah citra dan ciri khas didalamnya untuk dikenang bersama.

nostalgia bareng untuk mengenal Lampung lebih luas sama-sama kita melihat potret bangunan lampung tempo dulu dan sekarang yang dimuat dari instagram @pariwisata_lampung sebagai bentuk pengingat dan sejarah yang wajib dikenang. Ada apa saja ya?

1.      Bambu Kuning


 

Bagi warga Lampung khususnya Bandar lampung siapa yang tidak mengenal kawasan Bambu Kuning atau lebih dikenal sebagai Bambu Kuning. Yap, Bambu Kuning adalah tempat jual beli terbesar di Lampung yang menjadi sektor perekonomian pasar utama dan terlengkap dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dalam perkembangan inilah, ternyata Bambu kuning memiliki sejarah sendiri didalamnya yang dahulu telah dibangun sejak zaman pemerintahan Jepang - Belanda.
 
Nama Bambu Kuning sendiri bukan berasal dari sembarangan kata, Bambu Kuning dipilih karena dahulu pasar ini dikelilingi banyak bambu luas yang menyebar di sekitar pasar, itu kenapa pasar Bambu Kuning melekat dan menjadi mascot nama utama hingga sekarang. Walaupun, kumpulan Bambu sudah meninggalkan tempat ini tetapi, tidak meninggalkan nama unik yang tersemat didalamnya yang menjadi ciri khas Bambu Kuning hingga sekarang.

2.      KAI Tanjung Karang

  

      Hayo siapa yang tidak mengenal KAI satu ini? Pastinya semua warga Lampung mengenai KAI Tanujung Karang karena dari sinilah pusat Kereta Api Nasional berdiri di Lampung. Faktanya bangunan KAI Tanjung Karang sudah ada sejak zaman terdahulu yang terletak di Jalan Raden Intan dan menjadi saksi bisu perkembangan Kereta Api sebagai transportasi di Lampung. Karena sejarahnya yang melekat, tak heran jika KAI Tanjung Karang menjadi transportasi kereta yang wajib dipilih jika ingin berpergian secara pasif menggunakan kereta.

3.      Rumah Sakit Abdul Moeloek


 

Warga Lampung pasti familiar dengan Rumah Sakit terbesar yang ada di Lampung menjadikannya rujukan banyak orang sakit sebagai tempat rumah sakit pertama untuk berobat. Tak megherankan karena kepopuleran Abdul Moeloek yang sering disebut sebagai Rumah Sakit utama di Lampung ini telah didirikan sejak lama sekitar hampir setara 1 abad lebih yang didirikan sejak tahun 1914. Rumah Sakit Abdul Moeloek dibangun oleh Hindia Belanda yang tujuannya digunakan untuk merawat buruh Perkebunan. Hingga sekarang akses rumah sakit memiliki banyak perubahan bangunan tetapi, tidak meninggalkan ciri khas dan sejarah didalamnya.

4.      Gereja Tanjung Karang


 

Satu lagi daerah yang memiliki sejarah panjang yang telah dibangun di Lampung yaitu Tanjung karang, dimana gereja ini dibangun sejak zaman Hindia Belanda. Gereja ini menajadi Gereja bersejarah dan masih utuh hingga saat ini. Gereja Tanjung Karang dibangun pada awal tahun 1928 tepatnya tanggal 16 Desember 1928 oleh Pastor H.J.D. van Oort yang memiliki tugas dan diutus ke Lampung sebagai langkah awal penyebaran agama Kristiani. Hingga sekarang bangunan Gereja masih utuh, walaupun memiliki perubahan dalam beberapa bagian Gereja, tetapi tidak meninggalkan nilai sejarah yang ada didalamnya.

5.      Tugu Juang


 

Kelilingi Lampung pasti belum afdol kalau belum meilihat Tugu ini disekitaran Pasar Tengah. Seperti bentuk dan ciri khas Tugu Juang yang identik dengan daerah Lampung, ternyata Tugu ini sudah ada sejak zaman dahulu dan memiliki makna sejarah yang terkandung didalamnya. Tugu ini diidirikan sebagai bentuk renungan untuk mengenang para pahlawan yang berjuang dalam Kemerdekaan Indonesia. Hingga sekarang Tugu Juang ini masih menjadi mascot dan tempat nongkrong paling hits di Lampung oleh para muda-mudi.

Nah, bagaimana dengan potret tempo dulu dan sekarang, makin bikin kangen dan tau sejarah didalamnya ya!

Ternyata masih banyak loh tempat-tempat di Lampung yang bersejarah lainnya dan bisa diambil hikmah serta makna didalamnya sebagai bentuk kekayaan yang luar biasa dari sejarah. Ada yang sudah tau tempat-tempatnya?

 

Sumber:

Instagram.com/pariwisata_lampung

Post a Comment for "Intip Potret Bangunan Lampung Tempo Dulu Dan Sekarang Disini!"