Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memiliki Sejarah Panjang, Rumah Daswati Menjadi Saksi Bisu Berdirinya Provinsi Lampung

 

 


Sumber Gambar: Google.com/Tribunlampungwiki.tribunnews.com


Lampung lahir dan resmi menjadi sebuah Ibukota pada tanggal 8 Maret 1964 dan pada tahun 2022 telah berusia 340 tahun. Diliat dari sisi kehidupan dan sejarah didalamnya, Lampung memiliki ciri khas dan sejarah tersendiri yang menarik untuk ditarik benang bersama sebagai bentuk memaknai lahirnya Ibukota Lampung yang kaya akan budaya. Salah satu yang tidak boleh terlupa adalah sejarah saksi Rumah Daswati yang menjadi saksi berdirinya Provinsi Lampung.

Secara garis besar, rumah Daswati adalah salah satu bangunan rumah yang menjadi saksi terbentuknya Provinsi Lampung, karena dari rumah inilah dahulu menjadi tempat berkumpulnya segala aktivis dan tokoh-tokoh penting adat Lampung dalam penyusunan dan perumusan berdirinya Provinsi Lampung pada tahun 1963. Disamping makna sejarahnya, banguunan rumah ini memiliki makna yang sangat membekas dan berperan dalam awal mula pendirian Provinsi Lampung ini.

Alamat tempat rumah Daswati adalah Jalan Tulang Bawang No.175 a Tanjung Karang, Kota Bandar Lampung yang maih berdiri hingga kini. Bangunan rumah ini masih terjaga keaslian mulai dari bentuk atap limas dengan dua menara, serta tak lupa dengan jendela dan dua pintu legendaris khas era colonial yang masih kental

Bangunan rumah ini menjadikan nilai sejarah tersediri dan menyimpan sisi unik didalam bangunannya yang khas tersebut. Rumah ini juga masih dijaga oleh seorang parubaya bernama pak Priyono.

Karena keunikan rumah ini pula, rumah ini seharusnya menjadi maskot sejarah yang harus dilindungi di Lampung. Bangunan ini juga menjadi saksi bisu tempat dimana awal mulanya provinsi Lampung dibentuk sebelumnya yang masih menjadi bagian dari Daswati I Sumatera Bagian Selatan, yang disebut sebagai Keresidenan Lampung.  Hingga akhirnya diskusi terkait pelepasan secara resmi Lampung sebagai provinsi sendiri melalui tempat ini.

Tempat ini memiliki sejarah, banyak yang berkunjung ketempat ini untuk melihat tempat asli bangunan yang menjadi saksi bisu lahirnya Lampung. Walaupun begitu, karena keasliaannya yang masih terjaga, masih ada harapan agar Pemerintah dapat mempertahankan sejarah dari banguanan rumah ini dengan melindungi tempat bangunan rumah ini agar bisa dikenang lebih luas kepada anak cucu kita nantinya atas nama pemerintah Provinsi Lampung.

 

Sumber Informasi:

google.com/kumparan

google.com/lampungeh

instagram.com/pariwisata_lampung

Post a Comment for "Memiliki Sejarah Panjang, Rumah Daswati Menjadi Saksi Bisu Berdirinya Provinsi Lampung"