Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ragam Kuliner Tradisional Di Pesisir Barat, Masih Terjaga Keasliannya

 

 


Source Gambar: google.com/kreasimasakan.com


Pesisir Barat yang tidak melulu soal pariwisata yang banyak menyodorkan hal unik dan menarik di dalamnya. Perlu kita ketahui bahwasanya di Pesisir Barat juga terdapat beragam keunikan lainnya yang tidak boleh ketinggalan sejak nenek moyang yang menjadi ciri khas Pesisir Barat yaitu  soal kulinernya yang lezat dengan keaslian turun menurun.

 Beberapa dari kita mungkin menggangap kuliner tradisional adalah kuliner wajib yang harus dicicipi jika bertandang ke setiap daerah, karena biasanya Kuliner tradisonal menggambarkan ciri khas daerah tersebut, bagaimana kehidupan, adat dan budaya suatu daerah itu berlangsung. Dengan adanya kuliner tradisonal ini menjadi gambaran bentuk eksitensi manusia yang penuh dengan keberagaman yang perlu diulik dan dijaga.

Dalam melihat Pesisir Barat lebih dekat. Yuk, kenalan dengan pesona ragam kuliner Pesisir Barat yang tidak boleh ketinggalan. Ada apa saja ya?

1.      Gulai Buah Kelor

Sama seperti kuliner lainnya yaitu gulai, di Pesisir Barat kita bisa menjumpai kuliner semacam gulai yang menjadi ciri khas Pesisir Barat sendiri. Gulai Buah Kelor adalah gulai yang berbahan dasar buah kelor yang diolah menjadi gulai.
 
Gulai tersebut semakin unik selain karena bahan dasarnya, ternyata cara memakannya juga unik karena harus langsung diserut dengan gigi untuk menikmati rasa nikmatnya. Alasan lainnya yaitu karena bahan buah yang sedikit panjang menjadi proses makan harus diserut dengan gigi. Gulai ini sangat enak disantap dengan dengan nasi hangat dan ikan asap sebagai penambah kenikmatan gulai ini.

2.      Pandap

Bagi masyarakat Pesisir Barat, Pandap merupakan makanan tradisional kuno yang paling banyak ditemukan saat di Pesisir Barat. Bentuk panganan ini hampir sama dengan pepes, digulung bersama lembaran daun pisang , hanya saja isi dan citarasa yang berbeda. Pandap sendiri adalah panganan tradisonal isian ikan teri direbus dalam rebusan daun talas yang disusun memanjang bersama lembaran daun talas dan bumbu-bumbu tradisional didalamnya. Pandap menjadi salah satu kuliner terkenal yang wajib dicoba saat kamu di Pesisir Barat.

3.      Sate Dan Bakso Iwa Tuhuk

Nah, sebagai salah satu daerah penghasil perikanan tinggi yang ada di Lampung. Pesisir Barat memiliki beragam hasil perikanan yang terkenal oleh para nelayan dan warga setempat. Salah satunya ikan blue marlin yang banyak tersedia di tempat ini. Karena melimpahnya hasil buruan ikan Blue Marlin didaerah ini, tak heran jika banyak kuliner yang diadaptasi dan diproduksi denngan bahan ikan Blue Marlin, salah satunya yaitu ada sate dan bakso.
 
Makanan olahan Ikan Blue Marlin menjadi popular dan menjadi makanan yang wajib dicoba saat berkujung ke Pesisir Barat.

4.      Kue Cucukh

Sebagai salah satu makanan kuno yang diwariskan turun temurun oleh nenek moyang, kue Cucukh menjadi salah satu makanan favorit warga lokal di Pesisir Barat. Kue Cucukh yang sering hadir di setiap acara adat di Lampung kini bisa dijumpai dengan mudah di beragam pasar tradisional di Pesisir Barat. Kue cucukh adalah kue padat dari tepung beras dan gula merah yang diolah menjadi adonan kue yang menggiurkan. Jajanan ini zaman dahulu terkenal sebagai jajangan sehat dengan cita rasa luar biasa.

5.      Khetak Khidip

Satu lagi makanan khas yang wajib di coba di Pesisir Barat yaitu sayur santan yang memiliki bahan utama tangkil muda dan kacang hijau. Panganan ini merupakan makanan tradisional yang terkenal disini, dimana sering dihindangkan didalam setiap rumah tempo dulu. Makanan ini memiliki sensasi menyegarkan dari santannya dan juga krenyes dari kacang panjang super hijau. Makanan ini menjadi makanan tradisional yang masih banyak ditemukan di daerah Pesisir Barat hingga sekarang.

Nah, dari beberapa makanan tradisional diatas, mana yang menjadi favorit kamu? Ternyata, banyak ya ragam unik dari kuliner di pesisir barat yang wajib untuk dicicipi bersama saat ke Pesisir Barat.

Sudah seharusnya generasi mudah menjadi pelopor menjaga makanan tradisional dari kehilangan dan kepunaahan di masa mendatang. Yuk, cobain kuliner tradisonal Pesisir Barat yang kaya. 

 

Sumber:

https://www.anataranews.com

google.com/jejakharianku.com

 

Post a Comment for "Ragam Kuliner Tradisional Di Pesisir Barat, Masih Terjaga Keasliannya"