Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keindahan Curup Gangsa Way Kanan

 


 

Indonesia memiliki begitu banyak destinasi alam yang masih belum banyak terekspos, salah satunya yaitu destinasi air terjun atau Curup Gangsa yang berada di ujung barat laut Lampung. Way Kanan dijuluki sebagai negeri 1001 air terjun dan belum lama ini telah membuka air tejun baru yang dikelola oleh warga. Curug Gangsa terletak di kampung Kotaway, kecamatan Kasui, kabupaten Way Kanan, Lampung. Dari Bandar Lampung, wisata ini dapat ditempuh sekitar empat hingga lima jam melalui lintas Sumatera Tengah, lalu masuk lagi kedalam dan menusuri kampung-kampug perkebunan selama satu jam.

Nama Gangsa berasal dari legenda masyarakat yang artinya bunyi gemercik, air terjun ini seperti bunyi seruling Gangsa. Seruling Gangsa merupakan seruling yang terbuat dari bambu yang umum ditetapkan oleh zaman dahulu. Maka dari itu bunyi ini di namakan air terjun Curup Gangsa hingga saat ini.

Tidak hanya menyuguhkan destinasi curup gangsa saja, saat tiba wisatawan juga akan disambut dengan area bumi perkemahan yang biasa digunakan sebagai area camping. Untuk biaya parkir mobil dikenakan biaya sebesar Rp. 20 ribu dan motor sebesar Rp. 10 ribu. Adapun tiket masuk Curup Gangsa sendiri dikenakan biaya seharga Rp. 5000/orang.

Jika para wisatawan ingin melihat pemandangan atau hilir air terjun wisatawan arus menuruni beberapa anak tangga. Sekitar 100 meter dari hilir air terjun, ada area sungai yang dikelilingi batu yang bisa digunakan untuk para wisatawan berenang bersama keluarga ataupun sahabat. Tidak hanya itu tersedia juga gazebo untuk sekedar bersantai dan wisatawan juga bisa berfoto dengan pemandangan langsung air terjun yang sangat menawan. Ada pula spot foto yang dapat dijadikan tepat foto diantaranya yaitu:

·         Gambar love warna merah

·         Jembatan pengantin

·         Spot tempat duduk kayu (gazebo)

·         Bebatuan air terjun curup gangsa

·         Tangga pohon

Tidak sampai disitu kepala kampung Kotaway Nuardi, mengatakan bahwa pihak pengelola akan terus menambah fasilitas guna semakin menarik wisatawan, salah satunya dengan pengadaan flying fox.


Sumber :@pariwisata_lampung 

Post a Comment for "Keindahan Curup Gangsa Way Kanan"