Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Festival Budaya Sekhala Bekhak

 


Lampung sudah tidak diragukan lagi akan keindahan alam dan destinasi wisatanya, namun selain menyuguhkan keindahan alam Lampung juga kerap mengadakan festival maupun event kebudayaan, salah satunya adalah festival budaya sekhala bekhak. Kebudayaan memiliki peran dan fungsi yang sentral dan mendasar sebagai landasan utama dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara karena suatu bangsa akan menjadi besar jika nilai-nilai kebudayaan telah mengakar (deep-rooted) dalam sendi kehidupan masyarakat.

Festival Budaya Sekhala Bekhak adalah perayaan yang memukau, merayakan kekayaan warisan budaya yang khas dan mendalam. Festival ini menjadi magnet bagi para pengunjung yang ingin merasakan keindahan dan keberagaman budaya yang ditawarkan oleh Sekhala Bekhak.

Festival budaya sekhala bekhak ini akan digelar pada tanggal 21- 23 Juli 2024  bertepat di lamban budaya pancasila. Festival budaya sekhala bekhak ini menyuguhkan content content seni tradisi yang hanya bisa disaksikan di Lampung barat, selain itu ada juga festival nyambai dimana para seniman di Lampung barat berlomba saling Unjung mahakarya, menari berpasangan sembari pantun bersahut dengan keceriaan penuh warna.

Dihelat juga dengan festival orkes gambus Lampung, suguhan irama tradisi Melayu yang dikolaborasikan dengan musik modern menciptakan kesemarakan yang mengesankan lantunan syair islami diiringi degan tabuhan hadra. Dihelat juga dengan pemilihan muli Mekhanai Lampung Barat, para Mulu dan Mekhanai akan unjuk kemampuan untuk menjadi yang terbaik diantara yang terbaik.

Festival tari sakura, para sakura akan mempersembahkan karya terbaiknya dalam gerakan tarian. Ada juga "ngelemang bebakhong " dan gelaran fashion show "sekala bekhak bercelugam" serta gebyar UKMK yang akan menyajikan hal hal menarik khas bumi sekala bekhak.

Festival Budaya Sekhala Bekhak bukan hanya sekadar perayaan, tetapi juga merupakan momentum untuk memperkuat identitas budaya lokal dan mempromosikan pariwisata budaya. Melalui festival ini, Sekhala Bekhak membuka pintu bagi dunia untuk menyaksikan dan menghargai keindahan serta kekayaan budaya yang dimilikiDiketahui, Festival budaya Sekala Bekhak digelar salah satu tujuannya guna melestarikan seni budaya yang berada di Lampung Barat.


Sumber :@pariwisata_lampung

Post a Comment for "Festival Budaya Sekhala Bekhak"