Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Fakta Unik Pantai Parangtritis

Parangtritis adalah salah satu pantai paling populer di sekitaran Yogyakarta, karena terkenal dengan sajian sunset yang sangat indah dan mempesona. Dengan popularitas pantai yang tinggi, tentu selalu banyak pengunjung yang hadir setiap musim liburan. Setidaknya ada beberapa fakta menarik yang berkaitan dengan pantai Parangtritis.

Fakta Unik Pantai Parangtritis

1. Lokasinya Strategis

Parangtritis menjadi pantai yang terbilang strategis, karena lokasinya berada di sebelah selatan Yogyakarta. Dengan lokasinya yang tidak terlalu jauh dengan kawasan wisata Malioboro, tentu banyak yang membuat trip wisata dari Parangtritis ke Malioboro atau sebalinya.

2. Ombak Besar

Parangtritis memang tidak terlalu bagus buat kegiatan berendam atau berenang, karena ombak pantainya terbilang besar. Namun pantai ini sangat cocok buat para peselancar, karena ombak bisa membantu para peselancar dalam menaikkan andrenalinnya. Untuk bisa masuk ke pantai ini juga sangatlah murah, sehingga sangat terjangkau untuk banyak kalangan.

3. Gumuk

Tidak hanya memiliki keunikkan dari segi ombaknya yang besar, namun Parangtritis juga memiliki banyak gumuk atau gunung pasir di sekitaran pantai. Adanya Gumuk tentu menjadi daya tarik tersendiri buat pantai Parangtritis, karena para pengunjung bisa bermain atau berfoto di atas pasir.

4. Parangwedang

Parangtritis juga memiliki sebuah pemandian unik yang dinamakan Parangwedang. Banyak yang percaya bahwa air pemandian ini bisa membantu menyembuhkan berbagai penyakit, karena air lautnya memiliki kandungan belerang. Air panas yang berasal dari Parangwedang biasanya dialirkan langsung ke pantai Parangtritis, sehingga kotoran pasir bisa dibersihkan menggunakan air belerang.

5. Mitos

Parangtritis juga menjadi pantai yang tidak bisa dilepaskan dari mitos, sehingga berbagai larangan sangatlah dipatuhi. Salah satu larangan yang paling fenomenal adalah larangan menggunakan baju berwarna hijau dan larangan ini berkaitan erat dengan cerita Nyi Roro Kidul. Dengan tidak menggunakan pakaian berwarna hijau, maka pengunjung bisa aman dan bisa bermain dengan nyaman.

Sekian bahasan singkat mengenai fakta unik pantai parangtritis dan semoga semua bahasannya bisa bermanfaat buat para pembaca.


Post a Comment for " 5 Fakta Unik Pantai Parangtritis"