Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keindahan Pantai Tembulih dan Penangkaran Penyu

 




 

Dinas pariwisata dan ekonomi kreatif terus bergerak untuk menemukan potensi wisata disetiap daerah di Provinsi Lampung, dengan Bimtek yang diadakan di penangkaran penyu Pantai Muara Tembulih Kabupaten Pesisir Barat, menjadi salah satu program demi wisata lampung berjaya. Penangkaran Penyu Muara Tembulih merupakan satu-satunya penangkaran penyu yang ada di Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung.

Muara Tembulih merupakan salah satu wisata hidden gems Pesisir Barat Lampung yang memiliki daya tarik tersendiri, karena di Muara Tembulih pengunjung akan mendapat sensasi wisata ekologi pantai seperti melihat penangkaran penyu. Untuk sampai di Muara Tembulih wisatawan dapat menempuh perjalanan sekitar 5 jam dari kota Bandar Lampung melalui jalan lintas barat (Jalinbar) Sumatera.

Wisatawan tidak akan kesulisan menemukan tempat ini karena tempat ini terletak persis di sisi kiri jalinbar jika dari Bandar Lampung. Penangkaran penyu masuk dalam balai konservasi seluas 2.164 meter persegi. Dari kawasan tersebut terdapat penginapan yang dapat wisatawan gunakan untuk beristirahat hingga bisa puas menikmati kawasan tersebut, di lokasi tersebut wisatawan juga bisa menimati kekayaan ekologi dan fauna lautnya.

Di penangkaran penyu muara tembulih wisatawan bisa melihat penyu langka di dunia seperti penyu hijau, penyu lekang, penyu sisik, penyu belimbing, dan penyu jenis lainnya. Telur-telur yang ada di penangkaran ini sendiri berasal dari para nelayan yang menemukannya disekitar pantai, biasanya penyu-penyu banyak berdatangan ke pesisir pantai untuk bertelur dikisaran bulan Februari sampai April dan Mei sampai Juli.

Selain dapat berwisata menikmati keindahan pantainya para wisatawan juga dapat mempelajari hal-hal baru misalnya jenis-jenis penyu yang ditetaskan di penangkaran ini dan wisatawan juga dapat mempelajari bagaimana proses penetasan telur penyu tersebut, selain itu wisatawa juga dapat mempelajari tentang spesies baru penyu yang ada di Pesisir Barat serta mempelajari bagaimana cara melepaskan tukik ke habitat aslinya. jadi ada banyak sekali pengetahuan yang dapat wisatawan peroleh dengan berkumjung ke penangkaran penyu Muara Tembulih.


Sumber :@pariwisata_lampung 

Post a Comment for "Keindahan Pantai Tembulih dan Penangkaran Penyu"