Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Baru Pemandian Air Panas Way Tenong

 



Pada 7 Juli 2023 Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Lampung Barat Drs, M. Pd diwakili pejabat fungsional pengembangan objek wisata dan beberapa staf dari bidang destinasi wisata dan kelembagaan yang dipimpin oleh Andilya Pratama, S. E., M. Si. Melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi di Pekon Padang Tambak Kec. Way Tenong. Kegiatan ini bertujuan untuk silaturahmi sekaligus meninjau lokasi destiasi wisata baru yang ada di Pekon Padang Tambak, didampingi kepala lingkungan Talang Enam, Bpk. Gianto dan perwakilan dari Pokdarwis Padang Tambak.

Objek wisata baru yang berada di Pekon Padang Tambak ini yaitu pemandian air panas alami Gemburak Air Putih, pemandian air panas alami atau Gemburak salah satunya terdapat di dusun Air Putih, desa Sukananti Kecamatan Way Tenong kabupaten Lampung Barat. Lampung Barat memiliki banyak sumber panas bumi atau geotermal. Sumber panas bumi muncul bercampur dengan air yang tampak seperti air mendidih yang manjadi suatu aliran air sendiri.

Pemandian air panas atau Gemburak di wilayah Lampung Barat ini belum banyak dikelola dan dikembangkan. Dahulu warga sering menggunakan pemandian air panas Gemburak Air Putih Way Tenong Lampung Barat ini untuk berobat yaitu untuk mengobati gatal-gatal dan jamuran yang ada di tubuh, bahkan warga sering memasak telur di sumber air panas tersebut dan telur tersebut dipercaya dapat memberikan khasiat kesehatan bagi yang memakannya.

Namun kebiasaan tersebut sudah jarang sekali dilakukan masyarakat sehingga tempat tersebut menjadi sepi dan bau belerang nya pun sangat menyengat, dilihat dari hal tersebut dan berkaca dari wilayah lain seperti di Jawa pemandian air panas tersebut pun dapat dijadikan destinasi wisata, begitupun dengan Air Panas Gemburak Air Putih Way Tenong Lampung Barat juga bisa dijadikan salah satu potensi wisata yang memberikan banyak keuntungam bagi masyarakat setempat.

Dari adanya destinasi wisata baru ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi warga sekitar maupun wisatawan yang berkunjung, karena masyarakat dapat berekreasi sambil terapi kesehatan di pemandian air panas tersebut.

 

Sumber :@disporapar_lambar


Post a Comment for "Wisata Baru Pemandian Air Panas Way Tenong"