Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keindahan Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman

 



Lampung memiliki begitu banyak destinasi alam yang belum banyak diketahui orang, salah satunya yaitu wisata  alam air terjun Tahura Wan Abdul Rachman. Tahura Wan Abdul Rachman adalah salah satu dari 14 taman hutan raya di Indonesia, Tahura Wan Abdul Rachman menurut administrasi pemerintahan terletak di Kecamatan Tanjung Karang Barat, Kedodong, Gedong Tataan dan Padang Cermin Kota Madya Bandar Lampung, sedangkan pengelolaannya di bawah Balai Konservasi Sumber Daya Alam II Tanjung Karang. Dari Kota Bandar Lampung dan Bandara Radin Intan II, lokasi taman hutan raya Wan Abdul Rachman ini hanya berjaran 16 kilometer.

Tahura Wan Abdul Rachman dalam potensi wisata alamnya memiliki daya tarik objek wisata alam yang cukup beragam, contohnya saja seperti pemandangan alam Teluk Lampung yang terdapat juga 7(tujuh) buah air terjun yang sangat menarik pemandangan Kota Bandar Lampung di waktu malam hari. Tujuh buah air terjun itu diantaranya yaitu, air terjun sinar tiga, air terjun gunung minggu, air terjun talang rabun, air terjun tanah longsor, air terjun penyairan, air terjun bidadari, dan air terjun talang mulya.

Selain dijadikan sebagai tempat wisata Tahura juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, budaya, pariwisata dan rekreasi alam. Pengawasan pengelolaannya diberukan kepada Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, dalam pengeolaannya  pemerintah  daerah bekerja sama dengan para petani binaan dinas kehutanan Provnsi Lampung dalam program pengelolaan hutan bersama masyarakat. Pengelolaan ini tidak bertujuan untuk pembukaan lahan baru melainkan untuk mencegah terjadinya pembalakan liar.

kawasan taman hutan raya Wan Abdul Rachman merupakan hutan hujan tropis. Didalamnya terdapat satu jenis tanaman tanaman endemik yaitu bunga bangkai. Selain  itu, terdapat beberapa jenis hewan seperti beruang madu, tapir rusa sambar, siamang, monyet ekor panjang, elang brontok, dan ayam hutan. Tidak sampai disitu bagian dalam dari taman ini juga mempunyai bentang lahan pariwisata seperti air terjun, batu berlapis, batu keramat, sumer air panas, dan gua.

 

Sumber : @pariwisata_lampung


Post a Comment for "Keindahan Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman"