Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penambahan Panjang Lahan Landasan Pacu Bandar Udara Muhammad Taufik Kiemas

 




Untuk mendorong sektor pariwisata di Kabupaten Pesisir Barat, Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal meminta dukungan gubernur Bandar Lampung Arinal Djunaidi. Karena dengan tumbuhnya sektor pariwisata pada akhirnya juga akan mengungkit pertumbuhan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat. Salah satu upayanya yaitu dengan adanya landasan pacu yang dapat menjadi penghubung antara wisatawan dari daerah lain dengan kawasan Barat Sumatera.

Bandar Udara Mohammad Taufik Kiemas adalah bandara yang dibangun dalam rangka mendukung rencana pemerintah pusat dan daerah untuk menjadian jalur krui sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru di koridor barat atau kawasan Pantai Barat Pulau Sumatra. Selain itu, alasan pemerintah membangun bandara tersebut adalah sebagai untuk alat navigasi udara dan untuk mitigasi bencana alam.

Bupati Agus Istiqlal juga melaporkan bahwa telah dilakukan penambahan panjang landasan pacu di Bandara Muhammad Taufiq Kiemas, Krui, yang semula 1400 M menjadi 1450 M. Dengan adanya penambahan panjang landasan pacu diharapkan dapat terus dilakukan perpanjangan agar pesawat jenis ATR dengan kapasitas penumpang sebanyak 72 orang mampu masuk dengan mudah ke area bandar udara. Selain itu dapat digunakan untuk mendarat bagi pesawat berbadan besar.

Menurut Kepala dinas perhubungan (Dishub) Provinsi Lampung, Bambang Sumbogo mengatakan bahwa pemerintah daerah akan memfasilitasi sekaligus menjalin koordinasi dengan maskapai yang memiliki jenis pesawat yang sesuai dengan kapasitas landasan pacu Bandara Muhammad Taufik Kiemas.

Selain itu, gubernur Arinal dalam kesempatan tersebut meminta agar pemerintah Kabupaten Pesisir Barat segera menyiapkan berbagai fasilitas penunjang pariwisata seperti akomodasi (Rumah Singgah, Homestay, dan Rumah Penginapan), menyiapkan SDM, serta pusat informasi pariwisata Pesisir Barat.

Denga dibukanya rute penerbangan baru Lampung-Bali dan Bali-Lampung oleh maskapai indonesia AirAsia serta dibukanya rute Lampung-DIY-Bali, gubernur meminta agar pemkab Pesibar berkolaborasi dengan Pemprov Lampung melalui Dinas Pariwisata untuk gencar melakukan promosi wisata di provinsi Bali dan DIY guna menangkap peluang kunjungan wisatawan ke destinasi wisata pesisir Barat (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung).

 


Post a Comment for "Penambahan Panjang Lahan Landasan Pacu Bandar Udara Muhammad Taufik Kiemas"