Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keindahan Air Terjun Semantung

 



Kabupaten Lampung Barat memang memiliki alam yang luar biasa indahnya. Seperti halnya air terjun Semantung berada di Dusun Semantung, Pekon Basungan, kecamatan Pagar Dewa, Lampung Barat. Nama dusun itulah yang juga melekat pada air terjun tersebut sehingga masyarakat sekitar lebih mengenalnya dengan nama “air terjun Semantung”. Air terjun Semantung memiliki nama asli yaitu air terjun Bangkuang (Curup Bangkuang) asal usul nama Bangkuang tersebut karena di sekitar air terjun tersebut banyak tumbuhan seperti pandan dan warga sekitar menyebut tumbuhan itu dengan nama Bangkuang.

Air terjun ini memiliki aliran air dengan ketinggian lebih dari 60 meter, sehingga terkadang saat arus aliran air kuat dapat menciptakan pelangi yang indah dan menambah keindahan pesona air terjun Semantang. Air terjun ini masih sangat alami dengan udara yang sangat segar membuat siapa saja yang merasakannya akan betah berada disana. Karena akses jalan yang cukup curam dan terjal bagi para wisatawan yang membawa kendaraan pribadi tidak disarankan untuk membawa kendaraannya sampai lokasi dan harus dititipkan kepada warga sekitar.

Bagi kamu yang menyukai petualangan, trek menuju lokasi ini juga bisa kamu rasakan seperti sedang berpetualang, air terjun semantung ini dapat dijadikan rekomendasi yang sangat cocok untuk kamu kunjungi dengan menikmati air terjun sambill dikelilingi oleh alam yang asri yang sejuk dan tenang.

Untuk mencapai Curug Semantung wisatawan harus menempuh 40 kilometer dari bukit Kemuning atau sekitar 64 kilometer dari pusat kota Liwa, atau sekitar 3 jam dengan berkendara, namun wisatawan juga bisa bisa menaiki ojek yang telah disediakan oleh pengelola dari karang taruna dan pokdarwis Basungan dengan ongkos Rp. 10.000 rupiah. Untuk harga tiket masuknya wisatawan hanya perlu membayar parkir motor Rp. 5.000 saja.

Ketua karang taruna pekon Basungan pak Wana menjelaskan bahwa Curup Bangkuang Semantung ini baru mulai dikelola oleh pihak karang taruna dan pokdarwis dari bulan Juli 2019. Ketua genpi Lampung Barat Eka Fendiaspara menilai bahwa air terjun Semantung ini sangat potensial untuk dikembangkan lebih baik lagi.

 

Sumber : @pariwisata_lampung


Post a Comment for "Keindahan Air Terjun Semantung"